tot-pendamping-bumdes-mahasiswa-unpab_94.jpg

TOT Pendamping BUMDES Mahasiswa UNPAB

UNAPAB Medan: 29 Agustus 2017, telah dilaksanakan kegiatan Training Of Trainers (TOT) Pendampingan BUMDesa di Universitas Pembangunan Panca budi (UNPAB) Medan Acara ini diselenggarakan oleh Biro Student Advisory Center UNPAB dengan pemateri Bapak. Edy Sinaga SE SH MM MH  dan Dr H Safarudidin yang diikuti oleh 50 peserta.

Rektor III UNPAB Bapak Samri SE MM dalam sambutannya menyampaikan “Kegiatan TOT ini  merupakan komitmen UNPAB mempersiapkan mahasiswa yang berkompetensi yang di inginkan oleh pemerintah, sekarang pemerintah mulai membangun dimulai dari desa".

Edy Sinaga SH MH MM MH menyampaian materi mengenai dengan bagaimana mengenalkan BUMDesa ke masyarakat. Lalu lanjut dengan bagaimana seharusnya kita berbicara di forum desa? Apa saja yang harus kita perhatikan untuk mendirikan BUMDesa? Kita harus tau secara detail tentang pendirian BUMDesa dan kita harus paham tentang dasar hukum pendirian BUMDesa serta aturan yang mendukung terwujudnya BUMDesa itu di UU No. 6 Tahun 2014.

Setelah itu, dilanjutkan oleh Dr H Safaruddinn menjelaskan tentang perbedaan membangun desa dengan desa membangun? Membangun desa ialah yang membangun pemerintah desa menjadi objek dan desa membangun ialah memberikan kewenangan untuk desa membangun.
terdapat 2 pos yang dapat digunakan untuk mengambil dana dalam starting BUMDesa yaitu ada pos pelatihan dan pengembangan. Yang paling penting dari modal awal untuk menjalankan BUMDesa bukan pada uanganya, namun lebih kepada kewenangan yang dimiliki oleh desa.

PT. Menurut UU No. 4 Tahun 2015 yang memiliki badan hukumnya adalah setiap unit usaha. Sedangkan jika BUMDesa yang ingin dijadikan badan hukum maka itu diperbolehkan dengan disesuaikan pada kebijakan Bupati. Tetapi, menurut Bapak Rudy BUMDesa lebih baik jika berbentuk PT karena BUMDesa dengan bentuk PT memungkinkan memiliki unit usaha yang banyak. Lalu, setelah selesai sesi tanya jawab langsung ditutup acara dan melakukan foto bersama.

 

Berita Lainnya