tim-universitas-pembangunan-panca-budi-medan-juara-i-lomba-berbalas-pantun_50.jpg

Tim Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Juara I Lomba Berbalas Pantun

MEDAN – Irfan Hidayat dan Sarifah Aini dari Universitas Panca Budi Medan menjadi pemenang I pada Lomba Berbalas Pantun yang digelar Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, 31 Mei  2014. Lomba yang digelar di panggung terbuka Balai Bahasa Sumatera Utara ini diikuti sembilan tim dari berbagai universitas di Sumatera Utara; Universitas Panca Budi, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan STKIP Budidaya Binjai.

Sebagai salah satu hajatan dari Pekan Bahasa dan Sastra 2014, Lomba Berbalas Pantun ini diselenggarakan sebagai upaya pelestarian bahasa, sastra, dan budaya serta kemelayuan.  Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara melalui Ketua Panitia, Agus Mulia, menyebutkan bahwa pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenali dalam bahasa-bahasa nusantara. Zaman dahulu pantun menduduki tempat yang penting dalam kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Melayu. Pantun banyak digunakan dalam permainan kanak-kanak, dalam percintaan, upacara peminangan, dan pernikahan, nyanyian, dan upacara adat. Secara umum setiap tahap kehidupan masyarakat Melayu dihiasi oleh pantun. Di samping itu juga, pantun merupakan adat memelihara bahasa, menjadi penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berpikir. Pantun melatih seseorang berpikir tentang makna kata sebelum berujar -- melatih seseorang berfikir secara asosiatif, bahwa sesuatu kata akan memiliki kaitan dengan kata yang lain.

Lomba ini menghadirkan tiga dewan juri dari berbagai disiplin ilmu, yakni Muhar, S.S., M.Pd. (Pakar pantun), Dr. Rosliani, S.S., M.Hum. (Peneliti sastra), dan Hasan Al Banna (Peneliti dan penggiat sastra). Selain itu kegiatan Lomba Berbalas Pantun  ini pun dihadiri oleh Roslan Madun dan rombongan dari Majlis Teater Negeri Pahang, Malaysia, yang secara kebetulan sedang studi banding  ke Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara.

Materi penilaian perlombaan yang mencakup; kesesuaian pantun dengan tema, ketaatan kata/kalimat pada struktur pantun, kesesuaian antara sampiran dan isi pantun, kesesuaian antara pantun yang dijual dan dibeli, kecepatan dan kelancaran dalam menjawab pantun, dan penampilan peserta.

Pemenang I, II, dan III dari perlombaan berbalas pantun ini akan memperoleh uang pembinaan, sertifikat, dan bingkisan. Khusus untuk pemenang I akan menjadi wakil Sumatera Utara dalam Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional di Pekanbaru pada bulan September. Penyerahan hadiah dilaksanakan Rabu, 4 Juni 2014, pukul 19.30 s.d. selesai, di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan.Selengkapnya hasil Lomba Berbalas Pantun Tingkat Mahasiswa se-Sumatera Utara Tahun 2014 sebagai berikut:
-    Juara I, Irfan Hidayat dan Sarifah Aini dari Universitas Panca Budi Medan
-    Juara II, Panji Pratama dan Rendy Novrizal dari Universitas Sumatera Utara
-    Juara III, Dicky Saputra dan Ari Handoko dari Universitas Negeri Medan
-    Peringkat IV, Minca Jayanti dan Devida br Sembiring dari STKIP Budidaya Binjai

Sumber:http://balaibahasa-sumut.com/index.php/berita/111-tim-universitas-panca-budi-medan-juara-i-lomba-berbalas-pantun.html

Berita Lainnya