perkuliahan-berbasis-practical-science-mahasiswai-pertanian-program-studi-agroekoteknologi-unpab-di-perkebunan-kelapa-sawit-dan-kakao-ptpn-iv-adolina_30.jpg

Perkuliahan Berbasis Practical Science Mahasiswa/I Pertanian Program Studi Agroekoteknologi Unpab di Perkebunan Kelapa Sawit Dan Kakao PTPN IV Adolina

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat menuntut lulusan perguruan tinggi menjadi lebih trampil dan siap kerja. Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi kompetensi lulusannya, Fakultas Pertanian UNPAB menerapkan mata kuliah berbasis Practical Science. Salah satu implementasi pada tahap awal ini adalah melalui aktivitas kunjungan sekaligus kuliah di lapangan seperti yang dilakukan oleh mahasiswa/i semester IV Prodi Agroekoteknologi pada tanggal 23 Maret 2013 di Perkebunan PTPN IV Adolina. Dengan didampingi oleh Bapak Ir. Dewa Putu Siantara, MMA selaku dosen pengampu mata kuliah Tanaman Perkebunan, rombongan yang terdiri dari  + 50 orang mahasiswa/i tersebut  diterima dan memperoleh “materi kuliah” dari Asisten Kebun langsung di areal perkebunan kelapa sawit tepatnya di areal pembibitan, TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) dan TM (Tanaman Menghasilkan). 

Pada awal “kuliah lapangan” tersebut, mahasiswa masih canggung untuk bertanya, namun ketika rombongan beserta Asisten Kebun dan beberapa karyawan perkebunan berkeliling di areal pembibitan, mahasiswa/i terlihat antusias bertanya, mencatat dan memperhatikan jawaban yang diberikan. Aktivitas ini terus berlangsung hingga rombongan memasuki areal TBM dan TM kelapa sawit. Disamping itu, rombongan juga berkesempatan melihat dan memperoleh penjelasan di kebun perbenihan tanaman kakao.

Metode pembelajaran berbasis practical science seperti ini lebih menarik dikarenakan mahasiswa dapat langsung melihat, mengamati objek materi dan merasakan kondisi lapangan kerja yang sesungguhnya. Disamping itu, mahasiswa/i diberikan kesempatan untuk bertanya secara leluasa kepada para praktisi yang memang berkompeten di bidang budidaya tanaman perkebunan.

Ketua Program Studi Agroekoteknologi Ibu Nazli Aswani, S.P., M.Si berharap semoga kegiatan seperti ini memberikan inspirasi dan pemahaman yang lebih mendalam bagi adik-adik mahasiswa, terlebih bagi mereka yang minatnya menjadi manajer perkebunan. Sehingga kedepannya mahasiswa/i tersebut lebih fokus mempersiapkan diri untuk dapat memiliki kompetensi sebagai seorang manajer perkebunan. (@r_7)

Berita Lainnya