kopertis-wilayah-i-sumut-tetapkan-tiga-kelompok-usaha-mahasiswa-unpab-sebagai-pemenang-pmw-2014_26.jpg

KOPERTIS WILAYAH I SUMUT TETAPKAN TIGA KELOMPOK USAHA MAHASISWA UNPAB SEBAGAI PEMENANG PMW 2014

Medan-Unpab: Sejak tahun   2009   Pemerintah   melalui   Direktorat   Jenderal   Pendidikan   Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi. Program tersebut dilaksanakan di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hasil diseleksi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dengan alokasi dana yang berbeda-beda.

PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa  agar  dapat  mengubah  pola  pikir  (mindset)  dari  pencari  kerja  (job seeker)   menjadi   pencipta   lapangan   pekerjaan   (job   creator)   serta   menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Dalam rangka keberlanjutan,   program   ini   juga   bertujuan   mendorong   kelembagaan   pada perguruan tinggi yang dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) di dampingi para dosen pembimbing dengan semangat dan antusias mengikuti kegiatan PMW dengan mengirimkan proposal usaha mereka masing-masing.

Berkat dukungan dan kerja keras para dosen pendamping dari Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, tidak tangung-tanggung Unpab menjadi pemenang dalam program mahasiswa wirausaha (PMW) dengan memenangkan langsung tiga proposal kelompok usaha mahasiswa. Kelompok pertama dengan judul proposal FASHION HIJAB diketuai oleh Syafa Ul Fuada dengan anggota Oktri Widianti, Devita Elyana, Meisti Ima liana, Deo Syaputra, kelompok ini berhasil mendapatkan dana sebesar 32 juta rupiah.

Kelompok kedua dengan judul proposal WITY FURNITURE diketuai oleh Widya Afridayanti dengan anggota Nila Wisesa, Dani Wahyuni, Hasika Chindra Karin dengan dana sebesar 32 juta rupiah. Sementara itu kelompok ketiga Bardansyah Rizal dengan judul proposal RISOL TOK yang beranggotakan Sutari Eka Yana, Putri Yuliana berhasil mendapatkan dana sebesar 16 juta rupiah.

Widya Afridayanti saat ditemui mengatakan, “ sangat senang dan bangga proposalnya terpilih menjadi pemenang dalam program mahasiswa wirausaha (PMW) 2014 ini dan semoga tahun depan mahasiwa Panca Budi lebih banyak lagi dan antusias untuk ikut mengirimkan proposal usaha dalam program PMW 2015. widya juga berharap mampu mengembangkan usaha ini dengan dana  yang telah di peroleh dan nantinya dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat setempat serta dapat memotivasi mahasiswa Panca Budi untuk menjadi entrepreneurship muda.

Rektor III Bidang Kemahasiswaan  Hasrul Azwar Hasibuan sangat apresiasi dengan prestasi yang di raih oleh mahasiswa Panca Budi yang telah menjadi pemenang program PMW 2014 . (Ain)

Berita Lainnya