kemarau-panjang-sawah-dan-irigasi-kering_84.jpg

Kemarau Panjang, Sawah dan Irigasi Kering

Samosir, (Analisa). Musim kemarau yang sudah berlangsung selama dua bulan di seluruh wilayah Kabupaten Samosir menjadikan sejumlah lahan pertanian mengering.

Pantuan Analisa, Selasa (23/7) di Kecamatan Pangururan, sedikitnya puluhan hektar lahan pertanian sawah yang baru ditanam telah menjadi kering akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Selain sudah terlihat mengering dengan kondisi tanah yang memutih, saluran irigasi yang membelah persawahan terlihat mengering tanpa dialiri sedikit pun air. 

"Musim kemarau sudah berlangsung selama dua bulan ini, kami pun tidak bisa berbuat apa lagi, air yang seharusnya mengalir mengenangi sawah kami hingga saluran irigasi yang biasanya mengalir juga telah mengering, " kata Naibaho salah satu warga.

Sebagai warga yang mengandalkan pertanian sebagai sumber penghasilan, Naibaho hanya berharap turun hujan untuk mengairi lahan pertaniannya, namun di sisi lain, bersama rekan-rekannya sesama petani, Naibaho juga meminta Pemerintah Kabupaten Samosir menyediakan pompa air sebagai alternatif membantu para petani.

"Pompa air itu sangat penting bagi kami, tapi kalau berharap sama pemerintah itu rasanya hanya sebuah mimpi. Biar sajalah seperti ini, kalau pemerintah punya hati, sebagai warga kami hanya bisa berterimakasih," ujarnya berlalu. (fra)

Sumber: Harian Analisa

Berita Lainnya