field-trip-mahasiswa-prodi-agroekoteknologi-ke-kebun-percobaan-balai-penelitian-sayur-tongkoh-berastagi_57.jpg

Field Trip Mahasiswa Prodi Agroekoteknologi Ke Kebun Percobaan Balai Penelitian Sayur, Tongkoh Berastagi

Dalam rangka memperdalam wawasan untuk memenuhi kompetensi calon lulusannya, maka Prodi Agroekoteknologi bersama Dosen Pengampu MK Dasar Perlindungan Tanaman yakni Bapak Dr. Ir. Abdul Hadi Idris dan Ibu Ir. Refnizuida, MM didampingi oleh staf Fakultas Pertanian, Bapak Ismail, D, SP melaksanakan kegiatan field trip ke Kebun Percobaan Balai Penelitian Sayur yang beralamatkan di desa Tongkoh Berastagi Kab. Karo pada tanggal 4 Juni 2013. Setibanya di lokasi, rombongan yang terdiri dari + 60 orang mahasiswa/i, disambut oleh kepala bagian tata usaha (Bapak Sinaga).

Selanjutnya beliau menjelaskan tentang sejarah dan tupoksi kebun percobaan balai penelitian sayur dibawah naungan Badan Litbang Pertanian Kementrian Pertanian, selanjutnya para peserta di arahkan untuk meninjau ke lapangan yang didampingi oleh Staf Peneliti Kebun Percobaan Balai Penelitian Sayur, staf peneliti menjelaskan tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh balai penelitian sayur terutama tentang kegiatan penelitian yang sedang dilaksanakan dan memperkenalkan beberapa varietas tanaman kentang yang dikembangkan di petani, para peserta juga diperkenankan untuk meninjau ke laboratorium kultur jaringan serta laboratorium hama dan penyakit.

Seusai melaksanakan field trip di kebun percobaan balai penelitian sayur tongkoh para mahasiswa melanjutkan perjalanan field trip ke desa Adi Jahe kecamatan Tiga Panah Kab. Karo. Yang berketepatan di kediaman salah satu dosen Fakultas Pertanian Program Studi Agroekoteknologi yang bernama Ir. Margaretha Barus, MS. Beliau membawa mahasiswa ke beberapa petani yang menanam beberapa jenis sayuran dan jeruk kemudian beliau menjelaskan tentang teknik bercocok tanam sayuran mulai dari pengolahan tanah, pembibitan, perawatan, hama dan penyakit hingga pemanenan tanaman sayur yang dikembangkan oleh beberapa petani yang ada di desa Adi Jahe.

Berita Lainnya