field-trif-loka-penelitian-kambing-potong-sei-putih-peternakan-ayam-sapi-dan-pabrik-kompos-organik_92.jpg

FIELD TRIF LOKA PENELITIAN KAMBING POTONG SEI PUTIH PETERNAKAN AYAM, SAPI DAN PABRIK KOMPOS (ORGANIK)

Kegiatan Field trif merupakan program kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Pada kesempatan ini field trif dilaksanakan dengan tujuan lokasi Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih Deli Serdang dan Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik) yang beralamatkan di Dusun V Desa Pergulaan Kecamatan Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai. 

Field Trif di Loka Penelitian kambing Potong Sei Putih dilaksanakan pada tanggal 20 Nopember 2012. Kunjungan di Fokuskan Kepada materi pengenalan Jenis Hijauan Makanan Ternak dan Jenis-jenis kambing yang terdapat di Loka Penelitian kambing Potong Sebagai Plasma Hijauan dan Jenis kambing yang di kembangkan di Indonesia.

Setibanya para Mahasiswa/i Program Studi Peternakan di Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih disambut langsung oleh Bapak Dr. Ir. Aron Batubara, MSc. Selaku Kepala Loka penelitian kambing Potong Sei Putih, beliau menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan di Loka yaitu melaksanakan Penelitian Dasar Peternakan Kambing yang nantinya akan disosialisaikan kepada masyarakat dengan paket teknologi peternakan kambing melalui petugas lapangan di dinas peternakan setempat kegiatan tersebut merupakan tugas dari Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih hal tersebut disampaikan pada saat acara ramah tamah dengan para peserta dan dosen pendamping, tidak hanya itu Bapak kepala Loka juga memberikan motifasi kepada para mahasiswa agar nantinya setelah menjadi sarjana peternakan tidak terfokus menjadi seorang pegawai negeri atau swasta tetapi mampu menjadi pengusaha-pengusaha peternakan yang mampu mengelola sumber daya yang tersedia, selain itu juga bisa menjadi peneliti atau dosen dibidang peternakan dan dapat mengembangkan peternakan secara nasional maupun internasional.

Ismail D, SP selaku Assisten Program Studi Peternakan menyampaikan bahwa kedepannya dapat terjalin hubungan yang lebih dekat lagi dalam bentuk kerjasama antara Universitas Pembangunan Panca Budi dengan Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih sehingga Mahasiswa dan Dosen dapat melaksanakan penelitian dan kegiatan akademik lainnya di Loka Penelitian Kambing Potong.

Setelah acara ramah tamah mahasiswa langsung diarahkan untuk meninjau langsung dan mengidentifikasi jenis-jenis hijauan makanan ternak yang di kembangkan di Instansi tersebut. Kegiatan dilapangan tersebut dipandu oleh Bapak Rijanto Hutasoit, S.Pt, M.Si sebagai Peneliti khusus hijauan tanaman pakan dan Bapak Binson Damanik yang bertugas menangani jasa penelitian dan kerjasama. Para mahasiswa merasa puas terhadap penjelasan yang di berikan oleh staf Loka Penelitian Kambing Potong sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa khusunya pengembangan ternak kambing.

Kunjungan yang di laksanakan di Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik) Pergulaan di laksanakan pada tanggal 24 Nopember 2012. Yang di ikuti + 80 orang mahasiswa/i Program Studi Peternakan yang di dampingi oleh 3 Orang Staf Pengajar yaitu Bapak Warisman, S.Pt, Bapak Ismail D, SP dan Ibu Sri Setyaningrum, S.Pt, M.Si. Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik) di kembangkan oleh Bapak Ir. Yanu Rianto memfokuskan pada pengembangan ayam layer (ayam petelur), Sapi Potong dan Produksi Kompos.

Konsep pengembangan peternakan yang di bangun oleh Bapak Ir. Yanu Rianto sangat sederhana namun sudah menggunakan mekanisasi yang sangat modern salah satunya adalah penggunaan mesin pengaduk/pembalik kompos yang didatangkan dari korea selain itu juga pengembangan peternakan ayam petelur sudah menggunakan sistem kandang close house (kandang tertutup) dan kwalitas kompos yang diproduksi juga sudah memenuhi standar international.

Bapak Ir. Yanu Rianto selaku manager di Unit Usaha Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik) memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk melihat seluruh aktifitas yang dilaksanakan di peternakan tersebut tanpa terkecuali bahkan kandang close house ayam layer juga diperbolehkan untuk melihat bagaimana cara kerja mesin dalam kandang tersebut.

Ternak sapi yang di kembangkan di peternakan tersebut terfokus pada Pembibitan sapi (penyediaan bakalan) dengan sumber pakan yaitu bungkil inti sawit dan solid serta hijauan pakan ternak dengan jenis rumput king grass dan cipelang. Sapi yang di kembangkan dikawinkan secara alami dengan menyediakan sapi pejantan yang unggul di setiap blok kandang yang berisikan 20 ekor sapi betina dengan pejantan 2 ekor.

Kedua usaha peternakan yang dikelola oleh Bapak Ir. Yanu Rianto yaitu ayam petelur dan sapi bukanlah sebagai sumber pendapatan utama dari usaha yang dijalankan, namun sumber pendapatan utamanya adalah kompos yang di produksi setiap harinya berkisar 10 ton per hari sehingga kedua jenis ternak yang di kembangkan tersebut hanya sebagai sumber bahan baku utama pembuatan kompos organik dengan bahan baku 100 % limbah padat ternak ayam dan sapi sehingga kompos yang di hasilkan mampu mencapai standart international. Hal tersebut merupakan keadaan yang menarik dengan konsep pengembangan usaha peternakan di unit usaha Peternakan Ayam, Sapi dan Pabrik Kompos (Organik). Hal tersebut di ungkapkan oleh bapak Ir. Yanu Rianto kepada seluruh peserta field trif sebagai motifasi bahwa seorang sarjana peternakan harus mampu membuat sumber pendapatan alternatif dari usaha yang kita kembangkan untuk mengantisipasi loss profit (kerugian usaha) yang mengakibatkan usaha kita menjadi tutup.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan para mahasiswa/i Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian UNPAB dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam mengembangkan peternakan sebagai bekal mereka di masa akan datang sebagai Sarjana Peternakan.
Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Mendukung Program Pembangunan Peternakan di Sumatera Utara.

Berita Lainnya