bakti-kampus-mahasiswa-fakultas-pertanian-kebun-percobaan-gelugur-rimbun-desa-sampe-cita-kec-kutalimbaru_48.jpg

Bakti Kampus Mahasiswa Fakultas Pertanian Kebun Percobaan Gelugur Rimbun Desa Sampe Cita Kec. Kutalimbaru

Bakti Kampus merupakan kegiatan yang diprogram untuk meningkatkan kreatifitas dan kecintaan mahasiswa terhadap kampus atau almamaternya. Kegiatan ini dilaksankan pada tanggal 6 s.d 7 Desember 2013 dan di pimpin oleh Eko Namora Sinaga dan Rangkaian kegiatan bakti kampus diantaranya adalah Sosialisasi Visi, Misi dan profil Program Studi dan Fakultas Pertanian UNPAB yang di Sampaikan Oleh Dekan Ibu Ir. Hj. Armaniar, MP dibantu oleh Ketua Program Studi Peternakan Bapak Andhika Putra, S.Pt, M.Pt dan Bapak Ismail D, SP untuk menyampaikan Visi dan Misi Program Studi Peternakan.

Selanjutnya sosialisasi 7 Nilai Dasar Yayasan yang disampaikan oleh Bapak Febrilian Leatario, ST, M.Si. Melalui kegiatan Bakti Kampus diharapkan para mahasiswa/i Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan panca Budi dapat memahani Visi dan Misi Program Studi dan Fakultas Pertanian sehingga para mahasiswa kedepanya benar-benar menjadi lulusan yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang diinginkan melalui penyelenggaraan misi-misi yang telah di programkan untuk pencapaian visi Fakultas Pertanian UNPAB yaitu Menjadi Fakultas Pertanian yang unggul dan terdepan dalam menghasilkan sarjana yang profesional dibidang Agroekoteknologi dan Peternakan, berbasis lingkungan dan religius. Selanjutnya Visi dan Misi Program Studi Agroekoteknologi dan Peternakan juga disampaikan kepada mahasiswa agar para mahasiswa dan lulusan memiliki kompetensi yang lebih sfesifik dan memiliki profil lulusan yaitu Pelaku Usaha (Enterpreneur), Manager, Penyuluh, Peneliti/akademisi, Konsultan pada masing-masing bidang baik Agroekoteknologi maupun Peternakan.

Selanjutnya sosialisasi 7 nilai dasar Yayasan yang dipandu oleh Bapak Febrilian Lestario, ST, M.Si. metode penyampaian 7 nilai dasar yayasan tersebut dilaksanakan secara dialog aktif dan berdiskusi, para mahasiswa diminta untuk menyampaikan pemahaman mereka tentang nilai-nilai dalam 7 nilai dasar Yayasan tersebut dan contoh kongkrik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun nilai-nilai tersebut adalah 1) Melaksanakan Sholat, Dzikir dan Ketentuan Syari’at; 2) Bersyukur, Bersuka Cita dan Tidak mengeluh; 3) Optimis, tidak mengatakan “tidak mungkin”, Tidak Bisa dan tidak mau; 4) Mengedepankan kerendahan hati, apa adanya, tidak “jaim” dan tidak meremehkan orang lain; 5) Berfikir Positif, Berperasangka Baik dan tidak bergunjing; 6) Berempati dan memberikan solusi bukan mencela atau mengkritik dan nilai yang ke 7) Patuh kepada pimpinan dan mentaati peraturan. Nilai-nilai tersebut ditanamkan kepada mahasiswa agar para mahasiswa memliliki akhlak yang mulia sebagai manusia yang intelektual serta menjadi orang-orang bahagia.

Reangkaian kegiatan bakti kampus selanjutnya adalah bekerja sama membangun sarana fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa yaitu pembuatan rumah kasa dan membuat plasma hijauan pakan ternak. Kegiatan tersebut merupakan sumbangan fasilitas yang dibangun oleh para mahasiswa/i baru yang mendaftar pada tahun ajaran 2013/2014 dan sumbangan fasilitas tersebut merupakan ide dan kreatifitas mereka sebagai wujud kecintaannya terhadap almamater dan universitas. Sumbangan fasilitas tersebut dapat mereka gunakan dalam kegiatan praktikum selama mereka melaksanakan perkuliahan di Fakultas Pertanian UNPAB. Pembangunan rumah kasa dan plasma hijauan pakan ternak tersebut dilaksanakan di Kebun Percobaan Gelugur Rimbun yang beralamatkan di Desa Sampe Cita Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang dengan luas lahan 25 Ha. Yang terdiri dari perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, pabrik pakan ternak mini  (skala kecil) dan pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya.

Dalam kegiatan bakti kampus ini para mahasiswa/i baru juga diberikan pembekalan pembinaan karakter, kedisiplinan dan motivasi untuk mencapai cita-cita yang mereka inginkan. Kegiatan tersebut di pandu oleh Bapak Mayor. Inf. Mukidi, SE, SH, MH yang senantiasa setia membimbing mahasiswa/i dalam membentuk karakter yang kuat dan membangun kedisiplinan di kalangan mahasiswa aktifitas tersebut diawali dengan memberikan gambaran tindakan-tindakan yang positif yang harus dilakukan untuk mendukung cita-cita yang diinginkan selanjutnya melakukan psikotes dasar dengan menyelesaikan permasalahan dan soal-soal secara empiris, dengan melakukan psikotes dasar ini kita dapat mengtahui kemampun mahasiswa dan cara berfikir mereka dalam menyelesaikan masalah dalam kodisi yang sangat lelah.

Pembinaan karakter ini dilanjutkan dengan melaksanakan  kegiatan traking di areal perkebunan kelapa sawit dengan rute yang telah ditentukan dengan berbagai macam bentuk rintangan dan hambatan untuk menempuh jalur tersebut. Filosofi kegiatan traking tersebut adalah halangan dan rintangan yang mereka dapatkan dalam rute tersebut merupakan gambaran cobaan dan permasalahan yang akan mereka hadapi dalam kehidupan maupun dalam melaksanakan perkuliahan selama 4 tahun ke depan untuk mencapai cita-cita mereka, yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah tersebut mereka harus mampu bertahan, menganalisis, memahami resiko serta kemampuan untuk mengambil keputusan tindakan apa yang harus mereka lakukan, dengan demikian rintangan dan hambatan apapun yang mereka hadapi mudah-mudahan akan dapat terselesaikan. Dengan waktu yang begitu singkat, kegiatan yang sangat padat ditambah lagi guyuran hujan yang tak kunjung reda namun para peserta dan panitia tetap bersemangat untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan bakti kampus ini juga merupakan media silaturahmi sesama mahasiswa antara mahasiswa junior dengan senior sehingga tercipta suasana akademik yang kodusif dan saling mengharagai serta mengenal satu dengan yang lainnya dikalangan Mahasiswa BEM, UKM dan Organisasi mahasiswa lainnya. Semoga kegiatan Bakti Kampus yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat dan dapat di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai cita-cita dimasa depan.

 

BAKTI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNPAB DI DESA SAMPE CITA KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG.

Mahasiswa/i baru TA. 2013.2014 Fakultas Pertanian UNPAB mulai dikenalkan dengan aktifitas Tri Darma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Pada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat tersebut dilaksanakan dalam bentuk Bakti Sosial di Desa Sampe Cita Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Dengan dukungan Kepala Desa Bapak Irianto Sinulingga dan Sekretaris Desa Bapak Tangkas Sembiring beserta warga Desa Sampe Cita para mahasiswa melaksanakan Bakti Sosial dengan kegiatan membersihkan Mesjid, Jambur dan Kantor Kepala Desa yang sedang di Rehab para mahasiswa dikenalkan untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat dan membangun komunikasi sehingga para mahasiswa memahami bahwa para mahasiswa haris mengabdikan dirinya kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi teknologi untuk mendukung pembangunan pertanian dan peternakan, masyarakat adalah pelaku utama penerapan teknologi yang sedang berkembang. Dengan diawali dengan kegiatan Bakti Sosial ini para mahasiswa merasa begitu dengan masyarakat dan kedepannya mereka harus mampu membangun kerjasama dan berkomunikasi dalam penyampaian informasi dan penerapan teknologi. Dengan waktu yang sangat singkat kegiatan tersebut begitu bermakna dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya mahasiswa yang sudah bersedia terjung ke masyarakat. Kegiatan Bakti sosial ini merupakan rangkaian kegiatan Bakti kampus yang dilaksanakan oleh mahsiswa Fakultas Pertanian UNPAB pada tanggal 6 s.d 7 Desember 2013. Semoga apa yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fakultas Pertanian UNPAB dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Berita Lainnya