unpab-mengadakan-pengabdian-masyarakan-di-desa-ambalutu-asahan_25.jpg

Unpab Mengadakan Pengabdian Masyarakan Di Desa Ambalutu Asahan

Asahan, Senin/22 April 2013. Dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yang didasari oleh rasa keprihatinan terhadap kondisi masyarakat khususnya didaerah pedesaan saat ini, terutama di kalangan generasi muda yang sudah mengarah pada pola hidup permisifisme dan pergaulan bebas, Universitas Pembangunan Panca Budi yang disponsori oleh Lembaga Pengembangan Profesi bekerjasama dengan Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Filsafat dan Pusdiklat ( Pusat Pendidikan dan Latihan ), mengadakan Pelatihan terhadap Kelompok Tani, Guru – Guru dan Remaja Masjid di Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan pada tanggal 20 – 21 April 2013. Tujuan dari pengabdian ini adalah semata – mata untuk kemaslahatan umat sesuai dengan visi Universitas Pembangunan Panca Budi yaitu “TRIK” ( Terkemuka, Religius, Iptek dan Kemaslahatan umat ). Hal ini dikatakan oleh Ketua LP-Pro UNPAB, Ichsan Madya, ST., dalam kata sambutannya yang mewakili Rektor pada saat acara pembukaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2013 di Aula Balai Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane.

Pada acara pembukaan ini dihadiri oleh , Dekan Fakultas Agama Islam, Hadi Suprapto, MA., Ketua Program Studi Pertanian, Ismail,SP., Kepala Desa Ambalutu dengan antusias dalam kata sambutannya memberikan apresiasi yang positip terhadap acara pengabdian ini. Beliau mengatakan bahwa pelaksanaan pengabdian ini adalah merupakan suatu wahana dan sarana untuk membentuk karakter dan memberikan ketrampilan khusus kepada masyarakat petani, guru – guru dan generasi muda. Acara pengabdian yang juga melibatkan mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Fakultas Pertanian UNPAB ini, juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat desa Ambalutu.

Suasana Pengabdian Masyarakat di Desa Ambalutu

Dalam pengabdian masyarakat ini, Universitas Pembangunan Panca Budi melaksanakan 4 (empat) kegiatan yaitu Training Caracter Building untuk seluruh masyarakat, Pelatihan pembuatan silase (pakan ternak) untuk kelompok tani,  Pelatihan pembelajaran efektif untuk guru – guru dan Pelatihan Managemen Organisasi untuk Remaja Masjid. Pelatihan ini sangat sejalan dengan program bidang pendidikan yaitu untuk membentuk manusia agar memiliki keseimbangan dalam Intelektual Question (IQ), Emosional Question (EQ) dan Spiritual Question (SQ). Untuk membentuk generasi yang tangguh dan berkualitas bukanlah hal yang mudah, harus ada kerjasama dari semua pihak terutama Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan yang berperan aktif dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (@r_7)

Berita Lainnya