sumber-daya-unggul-internasionalisasi-dan-world-class-university_6.jpg

SUMBER DAYA UNGGUL, INTERNASIONALISASI, DAN WORLD CLASS UNIVERSITY

Wisuda ke-69 UNPAB Melahirkan 1.122 Lulusan Baru
Universitas Pembangunan Panca Budi menggelar Wisuda ke-69 selama 2 hari pada tanggal 23-24 November 2022. Dalam wisuda yang dilaksanakan di Gedung Selecta Convetional Hall Medan ini, para wisudawan/wisudawati dapat menghadirkan kedua orang tua/wali, dengan tema kostum bernuansa budaya Melayu. Jumlah peserta wisuda kali ini total sebanyak 1.122 wisudawan/wisudawati.

Dalam acara ini, Ka. Sekretariat UNPAB, H. Abdul Razak Nasution, SH.,Int., M.Sc., hadir mewakili Rektor UNPAB untuk menyampaikan kata sambutan Rektor, “Hari ini telah dibuktikan bahwa wisudawan dan wisudawati telah berhasil melalui satu tahapan pendidikan, dan telah siap menyandang gelar Ahli Madya, Sarjana dan Magister, sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing."

Ka. Sekretariat UNPAB menjelaskan lebih lanjut, bahwa bahwa saat ini UNPAB sedang gencar-gencarnya mempersiapkan diri untuk masuk lebih jauh pada fase internasionalisasi, "Kita berharap setiap ilmu yang didapat dibangku perkuliahan ini dapat dikembangkan, tidak hanya untuk di tanah air saja tetapi juga disebarluaskan ke seluruh dunia."

"Kita perlu mengupayakan, bagaimana suatu saat masyarakat di berbagai negara juga akan ikut mempelajari apa yang Ananda pelajari dan teliti di bangku perkuliahan, sehingga budaya dan ilmu pengetahuan dari negeri kita dapat diaplikasikan di berbagai negara, dan menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada," lanjutnya.
Di era digital ini, perguruan tinggi di dunia sudah mulai bertambah dengan sangat pesat. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data di Kemenristekdikti, pada tahun 2022 tercatat total jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia sudah mencapai 3.115 Perguruan tinggi dengan 25.548 Program Studi. Tentunya masing-masing perguruan tinggi harus memiliki daya saing global yang kuat.

“Arah pengembangan Pendidikan tinggi di Indonesia menuju daya saing global dapat terlihat dari visi yang telah ditetapkan oleh sebagian perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, walaupun dengan istilah yang berbeda-beda, misalnya 'Unggul pada tingkat global', 'Diakui oleh dunia', 'Berkelas dunia', 'Berstandar Internasional', untuk di UNPAB menggunakan visi 'World Class University',” ucap H. Abdul Razak Nasution, SH., Int., M.Sc.

Turut hadir para anggota Senat Universitas Pembangunan Panca Budi dan Dewan Guru Besar Universitas Pembangunan Panca Budi, Ketua dan keluarga besar YPDHKY (Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya), Sultan Deli Ke-XIV Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam, Kepala LLDIKTI Wilayah I, Prof. Dr. Ibnu hajar, M.Si, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, yang diwakili oleh Staff Ahli Gubernur Bid. Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, H. Agus Tripriyono, Kapolda Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, Koordinator Kopertais Wilayah IX, Dr. Zulkarnain, M.A, Ketua APTISI Sumatera Utara, yang diwakili oleh Sekretaris Aptisi Sumut, Supriyanto, SP., M. Si dan tamu udangan lainnya beserta wisudawan/i.

Dalam kegiatan ini dilakukan penandatangangan MoU tentang kerja sama pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkagan kualitas sumber daya di provinsi Sumatera Utara, antara UNPAB dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang dalam hal ini diwakili oleh Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA.
Dalam sambutan mewakili Gubernur Sumatera Utara, H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA. mengapresiasi bahwa UNPAB telah lama dikenal sebagai salah satu tempat menggembleng mahasiswa untuk mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia yang berkarakter kuat dan mandiri di tengah kehidupan masyrakat, di mana kemandirian masyarakat adalah salah satu indikator keberhasilan pembangunan sumber daya manusia.

"UNPAB telah melahirkan sumber daya unggul dan mandiri melalui tri dharma perguruan tingginya, yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sejarah telah membuktikan, bahwa UNPAB telah banyak berperan besar dalam membangun masyarakat Sumatera Utara yang beradab dan bermartabat”, ungkap H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA. dalam pidatonya.

Pada kesempatan ini diapresiasi 28 Wisudawan/Wisudawati Berprestasi, dan 13 Wisudawan/Wisudawati dengan IPK terbaik, yaitu: Puryaman Harefa (Magister Ilmu Hukum) dengan IPK 3.96, Khairun Nisa (Agroteknologi), IPK 3.84, Wahyu Saputra (Manajemen), IPK 3.88, Hermawan Pendidikan Agama Islam) IPK 3.85, Erwin Padli (Peternakan) IPK 3.60, Juanda Ericxander Lumban Gaol (Teknik Elektro) IPK 3.79, Vinna Pratiwi Agustyn (Magister Manajemen) IPK 3.84, Arbaiyah (PIAUD) IPK 3.81, Selva Raj (Sistem Komputer) IPK 3.95. Feri Hendrizal (Ekonomi Pembangunan) IPK 3.93, Tri Gustin Silaban (Ilmu Hukum) IPK 3.93, Rini Agustina Nst (Akuntansi) IPK 3.89, dan Chairunnisa Dewi Wulandari (Perpajakan) IPK 3.85

Berita Lainnya