64metafisika.jpg

Seminar Nasional Metafisika Dan Deklarasi Forum Metafisika Indonesia Di UNPAB

Fakultas Filsafat Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (Unpab) mengadakan kegiatan Seminar Nasional Metafisika Dan Deklarasi Forum Metafisika Indonesia pada mahasiswa Unpab yang diadakan di Ruang Seminar, Jumat (19/3) di Gedung A Lt. II Komplek Kampus Panca Budi Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi H. M. Isa Indrawan SE, MM, Koordinator Kopertis Wilayah I NAD-SUMUT Prof. Dr.Ir. Zainuddin, M.Pd., Kapolda Sumut diwakili oleh Kombes Baharuddin Jafar, Kanwil Depag Sumut diwakili Kamaluddin Siregar, Pangdam I/BB diwakili Kol.C21 Baja Bungaran Sahli serta sekitar 150 peserta dari mahasiswa dan dosen serta praktisi pendidikan di lingkungan Kampus Panca Budi.

Acara Seminar Nasional ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi H. M. Isa Indrawan SE, MM Dalam sambutannya mengatakan bahwa persoalan manusia dan kemanusiaan saat ini semakin komplek dalam kehidupan. Manusia terus berusaha keras untuk mengatasi masalah namun semua masalah masih tetap seperti semula dan bahkan masih terus bertambah dan belum tersingkap penyelesaiannya. Dan kenyataan ini akan terus berlangsung sebelum mereka mau menjadikan spritualitas sebagai titik pijak dari semua proses yang ada. Dan inilah arti penting seminar ini. Dalam seminar ini sangat diharapkan muncul ide-ide yang mengantarkan kita kepada pemahaman spiritualitas yang benar sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya sehingga benar-benar bisa memberikan solusi bagi manusia dan kemanusiaan.

Dekan Fak Filsafat, M. Kamil SAg. Dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar ini sangat berguna bagi peserta guna menambah wawasan dan keilmuan terutama bagi mahasiswa sebagai penerus bangsa sekaligus mewujudkan cita-cita pendiri Yayasan untuk membentuk forum metafisika Indonesia oleh praktisi dan akademisi. Kegiatan seminar nasional kali ini menampilkan tiga pembicara sebagai nara sumber dimana setelah pemberian materi dilakukan diskusi panel dan dialog interaktif antara nara sumber dengan peserta.

Dr. Muhammad Baiquni, MA, Pakar geografi Lingkungan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membawakan tema Spiritual Eco Leadership berdasarkan Perspektif Geografi/Lingkungan. Ir. Hotma Prawoto, M.T, Ahli Teknik Terapan Struktur dan Rancang Bangun dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tampil dalam tema Spritual Eco Leadership berdasarkan Perspektif Teknorat dan Drs. Imam Sutardjo, M.Hum, Pakar Budaya dari Universitas Sebelas Maret Solo Jawa Tengah dalam materinya Spritual Eco Leadership berdasarkan Perspektif Budayawan.

Acara berlangsung dengan tertib dimana para peserta tampak sangat antusias dengan apa yang disampaikan oleh para nara sumber. Suratno, salah satu peserta dari kegiatan ini mengatakan bahwa acara seminar ini sangat berguna untuk pendalaman spiritual dari berbagai segi keilmuan baik melalui geografi/lingkungan, sudut pandang teknokrat dan budaya guna menunjang peningkatan pemahaman spiritual yang lebih lanjut.

Alirman, MA selaku Ketua Panitia mengatakan sangat apresiasi dengan apa yang dirasakan oleh para peserta lewat materi yang disampaikan oleh para nara sumber dan diharapkan melalui kegiatan ini bisa meningkatkan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi khususnya bagi mahasiswa Fakultas Filsafat Unpab apalagi seminar nasional metafisika ini baru pertama sekali diadakan di Unpab, jelasnya.

Tema-tema yang disampaikan dalam seminar kali ini adalah kajian yang sedang hangat dibicarakan secara global terutama tentang isu penyelamatan lingkungan hidup dan melalui seminar seperti ini tema tersebut akan semakin luas dipandang terutama dari segi kajian spiritual.

Berita Lainnya