resmi-rektor-unpab-dilantik-sebagai-ketua-dmdi-sumatera-utara-takkan-melayu-hilang-di-bumi_50.jpg

Resmi, Rektor UNPAB Dilantik Sebagai Ketua DMDI Sumatera Utara 'Takkan Melayu Hilang di Bumi'

Presiden DMDI Yang di Pertua Negeri Malaka, Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam, resmi lantik Kepengurusan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Sumatera Utara Masa Bakti 2023-2026, di Aula Raja Inal Siregar, Senin (21/112023).

Hadir, Pj. Gubernur Sumater Utara, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si, Ketua Umum DMDI Indonesia, H. Said Aldi Al Idrus, SE, Konsul Jeneral Malaysia di Medan, YM. Aiyub Bin Omar, Kapolda Sumatera Utara, Pangdam I/Bukit Barisan, Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin., SH, 5 Kesultanan (Sultan Deli, Sultan Serdang, Sultan Langkat, Sultan Asahan, dan Sultan Kualuh), Direktur Utama Bank Sumut, Dr. Chan Babay Farid Wazdi, S.P.M, M.B.M, seluruh panitia dan pengurus, beserta tamu undangan lainnya.

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dilantik sebagai Ketua DMDI Prov. Sumatera Utara. Ia menjelaskan bahwa DMDI mencerminkan semangat solidaritas dan persatuan di kalangan masyarakat Melayu, dan menegaskan identitas Islam sebagai aspek integral dalam kehidupan sehari-hari. Dunia Melayu Dunia Islam ialah organisasi untuk meningkatkan pemahaman antara masyarakat Melayu dan umat Islam secara global yang dapat menjadi wadah bagi pertukaran budaya, pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan dan persamaan, serta kolaborasi yang bermanfaat untuk memajukan kepentingan bersama dalam kerangka peradaban Islam yang lebih luas.

“Mari kita bersatu menjaga peradaban Melayu, sebagai pewaris nilai-nilai luhur yang telah mengalir dalam darah kita. Tugas kita adalah memastikan agar gemerlap kebesaran Melayu tetap bersinar di tengah dunia yang terus berkembang, seperti semboyan Melayu “Takkan Melayu Hilang di Bumi”, ucap Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.

“Dalam menghadapi dunia kedepannya, kita memerlukan Human Resources yang unggul. Untuk itu, saya berterimakasih kepada Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam yang telah mengarahkan program kerja DMDI Sumut, yang meliputi aspek perekonomian, pendidikan, kesehatan, serta lingkungan dan sosial budaya. Harapannya, semoga Melayu semakin jaya di Sumatera Utara ini”, lanjutnya.

Presiden DMDI Yang Dipertua Negeri Malaka, menyampaikan selamat dan sukses kepada DMDI Sumatera Utara dengan harapan semoga kepengurusan baru ini membawa sinergi, kemajuan, dan persatuan di antara masyarakat Melayu dalam konteks peradaban Islam yang lebih luas.

“Semoga, kita dapat menjadi jembatan yang menghubungkan peradaban Melayu dengan dunia Islam secara lebih erat. Dengan menjaga dan memperkuat hubungan ini, kita dapat saling mendukung dan menginspirasi untuk mencapai potensi penuh sebagai komunitas yang bermakna”, ucap Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam.

Kemudian, Ketua Umum DMDI Indonesia juga berharap agar para pemimpin baru dapat menguatkan ikatan kebersamaan di antara masyarakat Melayu.

“Melalui kerjasama yang erat, mari bangun fondasi yang kuat untuk memajukan kepentingan bersama dan menjaga warisan budaya serta nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita”, tutur H. Said Aldi Al Idrus, SE.

Berita Lainnya