rektor--wisuda-619-pascasarjana-sarjana-dan-diploma-lulusan-unpab_80.jpg

Rektor Wisuda 619 Pascasarjana, Sarjana dan Diploma lulusan UNPAB

Medan-Unpab: Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, menggelar wisuda yang mengangkat tema Informasi Teknologi, Kewirausahaan dan Pengembangan Potensi Daerah di di Gedung Selecta Jalan Listrik Lantai V Medan, Rabu (13/11) kemarin. Jumlah wisudawan mencapai 619 orang yang terdiri dari 565 orang strata satu (S1), 33 diploma tiga (D3) dan 33 orang strata dua (S2). Diantara wisudawan ini terdapat 13 mahasiswa berprestasi yang memiliki nilai akademis terbaik.

Wisuda Unpab dilaksanakan melalui sidang senat terbuka dipimpin Dr. H. M Isa Indrawan SE MM dan dihadiri Wagubsu Ir. H. T. Erry Nuradi, MSi, Ketua APTISI Pusat Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec, ketua MUI kota Medan Prof. Dr. H. Muhammad  Hatta, koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dian Armanto, para tamu terhormat kami, pimpinan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta atau yang mewakili, para Wakil Rektor, Dekan, orang tua wisudawan dan undangan lain.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Yayasan H. Akhmad Muttaqin, AMD. IM, menyampaikan "bahwasannya lulusan dari UNPAB harus memiliki kemampuan hardskill dan softskill, karena dimasa kini kemampuan teknis saja tidak cukup untuk mencapai kesuksesan, harus ditambah dengan kemampuan non teknis atau softskill seperti kemampuan berkomunikasi, kejujuran/integritas, kemampuan bekerja sama, kemampuan interpersonal, beretika, semangat entrepreneurship atau berwirausaha", ujarnya.

Wisuda adalah peristiwa penting untuk menandai batas antara tahapan kehidupan belajar di kampus dengan status mahasiswa dan tahapan kehidupan pengalaman ilmu di dunia kerja dan masyarakat dengan status sebagai lulusan yang siap merancang dan meniti karier.

Pada pidatonya, Rektor UNPAB Bapak Dr. H. M. Isa Indrawan SE., MM mengatakan "bahwasannya wisudawan harus dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif". "Wisudawan tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker), tetapi juga menjadi pencipta kerja (job creator), untuk menciptakan dedikasi dalam menghadapi MEA 2015, Unpab meningkatkan proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi komputer Panca Budi membangun Laboratorium E-Learning yang di targetkan akan selesai akhir tahun 2014", tambahnya.

Wagubsu dalam sambutannya mengatakan, Unpab merupakan kampus tertua dengan fasilitas terlengkap, dan letak yang sangat strategis serta kampus yang sangat maju dengan akreditasi B di setiap Program Studinya. Wagusbsu juga memberi motifasi pada Panca Budi untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, agar nantinya kita tidak hanya menjadi penonton serta pembeli di dalam rumah sendiri.

Pada kesempatan yang sama Ketua APTISI Pusat Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid turut  memberikan sambutan serta orasi ilmiah. Beliau berpesan kepada seluruh wisudawan untuk tidak hanya puas dengan apa yang di capai harin ini namun terus belajar dan meningkatkan kwalits diri dan jadilah insan yang luar biasa yang mampu berbicara secara efesien, mampu beradaptasi dan siap bersaing secara bebas dilingkungan global. (Ain)

Berita Lainnya