68realess.JPG

PERANAN MAHASISWA DALAM MEMBANGUN KARAKTER DIMASYARAKAT INDONESIA

 

Seminar antar kelas, pendidikan pancasila dan kewarganegaran universitas pembangunan panca budi yang bertemakan peranan mahasiswa dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, medan, 24 – 28 januari 2012. Diselegarakan oleh fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas teknik, dan fakultas pertanian.

Seminar yang diadakan di gedung A lantai 3, dihadiri oleh Nana Kartika, ST., Abdianto, SE., M.Si,  Drs . Hasyim Batu Bara, Ak., MM,  Rahmat Hidayat, SE., MM., Efrizal Adil, SE., MA., dan Mahasiswa mahasiswi  dari Universitas Pembangunan Panca Budi

Seminar yang bertemakan Peranan Mahasiswa Dalam Pembangunan Nasional Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia yaitu mahasiswa melakukan survey atau riset ke beberapa pengusaha dan pedagang   tentang pengaruh karakter pengusaha pada bisnisnya, karena ini merupakan pembangunan nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui karakter masyarakat dan ini dilakukan oleh mahasiswa akuntansi semester 3 fakultas ekonomi universitas pembangunan panca budi yang beranggotakan 23 orang bertemakan tentang Pengaruh Karater Pengusaha Pada Bisnisnya.

Dalam materinya yang diwakili oleh saudari Siti Hawa mengatakan bahwa suatu Negara akan aman dan sejahtera bila masyarakatnya mempunyai karakter yang baik begitu pula dengan pengusaha , dan karakter merupakan ciri khas atau kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu, bila pengusahan memiliki karakter yang buruk maka usaha dia pun tidak akan maju dan apabila pengusaha itu karakternya baik maka usaha mereka pun akan maju serta sukses kedepannya.

Menurut Gooffrey G. Meredith, ciri – ciri pengusaha ada 7, yaitu percaya diri, berorientasikan tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan, jujur dan tekun. Karena ciri – ciri ini sangatlah penting bagi pengusaha agar pengusaha dapat mengevaluasikan hasil kerjanya serta karakternya sendiri  didalam berbisnis. Tutur yang akrab dipanggil siti

Siti Hawa juga menjelaskan tentang bukti mengenai pengaruh karakter dalam berbisnis, dari data yang kami dapat dilapangan menjelaskan bahwa yang mengatakan setuju sebesar 88%, dan tidak setuju hanya 12% , dari hasil surver yang kami lakukan nya bahwa banyak mengatakan setuju, karena karakter merupakan pondasi dasar dalam berbisnis.

Dosen Akuntansi, Drs, Abdul  Hasyim Batu Bara,SE., Ak., MM,  menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sangat jauh ketinggalan karakter apalagi karakter dalam bidang berbisnis, karena masyarakat indonesia tidak mau mengevaluasikan diri dari apa yang telah gagal meraka lakukan dulu, coba kita belajar suku tionghoa yang tekun dan jujur dalam berbisnis dan suku tiong hoa mau belajar dari sejarah karena sejarah merupakan bagian dari pada ilmu.

Koordinator Seminar, Nana Kartika, ST mengatakan bahwa saya sangat kagum terhadap mahasiswa mahasiswi akuntansi yang mengadakan seminar hari ini, karena menurut saya ini merupakan seminar yang sangat luar bisa bagi saya dan peserta lain, seminar ini banyak mengandung yang namanya kreatifitas, inovatife serta riset yang sangat memuaskan bagi saya terutama serta dosen – dosen, mahasiswa mahasiswi  yang hadir acara seminar ini.

“dan kami sebagai dosen, siap menurunkan mahasiswa mahasiswi sekalian ke masyarakat untuk melakukan pengabdian serta penelitian dimasyarakat khususnya  mahasiswa mahasiswi akuntansi” tutur nana kartika

Nana kartika ST, berbicara masalah kewarganegaraan, apapun suku, ras dan budaya , kita semua adalah bangsa indonesia, satu nusa satu bangsa satu bahasa , dan beliau juga menambahkan bahwa kita harus menjadi orang yang baik . Orang yang mau mengubah hidupnya sendiri merupakan orang yang sukses di dunia maupun diakhirat.

Abdianto, SE, MSi, menuturkan bagaimana bisa maju satu bangsa bila pemimpinnya tidak memiliki karakter yang baik dan bagaimana akan maju satu perusahaan bila pengusahanya sendiri tidak memilik karakter yang baik yang bisa dicontoh karyawan. Kita sebenarnya tau bahwa bangsa Indonesia ini krisis karakter, dan ini menjadi kan bangsa Indonesia ketinggalan jauh dengan Negara lain, bagaimana bisa kita memperbaiki suatu Negara bila masyarakatnya sendiri memiliki karakter yang kurang baik. Mari sekarang kita rubah karakter masyarakat Indonesia dengan karakter yang baik, maju dan terdepan dan kita mulai dari mahasiswa, pelajar , pedagang, petani dan pengusaha hingga pejabat – pejabat Negara yang ada di Indonesia.

Acara seminar yang berjalan satu jam itu sangat bagus serta  menarik untuk didengar karena banyak yang bisa kita dapat dari acara tersebut baik dari ilmu , riset, pengalaman  serta hiburannya yang bisa membuat peserta menjadi sangat santai dalam mendengar serta bertanya tentang pengaruh pengusaha dalam berbisnis dan kesannya sangat memuaskan bagi peserta seminar maupun dosen yang dihadir diseminar tersebut. 

  Writter by Nasier Jr (ESP/ UNPAB)

 

 

Berita Lainnya