pendidikan-anak-usia-dini-piaud-unpab-dukung-pencapaian-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-sustainable-deevelopment-goals-sdgs-1731322604_55.jpg

Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) Unpab Dukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Deevelopment Goals (SDGs)

PIAUD UNPAB dukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam langkah-langkah strategis dalam akselerasi transformasi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) guna mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia. Transformasi ini difokuskan untuk mempersiapkan anak-anak dalam transisi yang lancar dari PIAUD ke Sekolah Dasar (SD), memperkuat dasar pendidikan yang lebih inklusif, merata, dan berkualitas tutur Rahayu Dwi Utamai Selaku Ka.Prodi PIAUD UNPAB

Dalam kegiatan Diskusi ilmiah ini turut hadir Dekan Fakultas Agama Islam Humaniora  Dr. Abdi Syahrial Harahap, Lc.,M.A, Narasumber 1 Prof. Dr. Sofia Hartati, Narasumber 2 Asmidar Parapat, S.Pd.,M.Pd dilaksanakan di Ruang Al-huda Gedung UNPAB. (Medan/11/11/24).

Dalam upaya ini, pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan serta program untuk memastikan bahwa pendidikan pada usia dini mampu membangun fondasi yang kuat bagi anak-anak. PIAUD yang berfokus pada pembelajaran melalui bermain, perkembangan sosial-emosional, dan kesiapan akademis merupakan langkah awal yang krusial dalam mencetak generasi yang siap menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya di SD.

Prof. Dr. Sofia Hartati, menegaskan bahwa transisi yang efektif dari PIAUD ke SD sangat penting untuk meminimalisir ketimpangan dan mempercepat capaian target SDG’s, khususnya pada SDG 4, yaitu pendidikan berkualitas bagi semua. "Dengan adanya upaya akselerasi transformasi ini, kami berharap setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan berkualitas sejak usia dini, yang kemudian berlanjut dengan mulus ke jenjang pendidikan dasar," ujar beliau.

Program akselerasi ini meliputi beberapa inisiatif utama, antara lain:

1. Penguatan Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran PIAUD

Kurikulum PIAUD diselaraskan dengan standar pendidikan global agar anak-anak Indonesia dapat memiliki keterampilan dasar yang sesuai dengan kebutuhan abad ke-21. Pembelajaran berfokus pada aspek kognitif, motorik, bahasa, dan emosional untuk menciptakan pengalaman belajar yang komprehensif.

2. Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Guru PIAUD dan SD

Peningkatan kualitas guru melalui pelatihan intensif bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam mendukung transisi anak-anak dari PIAUD ke SD. Guru PIAUD dilatih untuk memahami pendekatan yang berpusat pada anak, sementara guru SD dibekali keterampilan dalam menyambut siswa dari lingkungan belajar PIAUD.

3. Penyediaan Sarana dan Prasarana yang Mendukung

Pemerintah akan mengalokasikan dana untuk memperbaiki dan memperluas fasilitas PIAUD, termasuk ruang kelas, alat permainan edukatif, serta teknologi pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengalaman belajar interaktif.

4. Keterlibatan Masyarakat dan Pemangku Kepentingan

Program ini juga melibatkan keluarga, masyarakat, dan sektor swasta untuk mendukung pendidikan anak usia dini. Masyarakat dihimbau untuk turut serta dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pendidikan anak sejak usia dini.

Dengan langkah-langkah ini, pemerintah berharap akselerasi transformasi PIAUD dapat menjadi bagian penting dalam strategi pendidikan nasional dan mendukung Indonesia dalam mencapai SDGs pada 2030.

pendidikan-anak-usia-dini-piaud-unpab-dukung-pencapaian-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-sustainable-deevelopment-goals-sdgs-1731322604_55.jpg

Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) Unpab Dukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Deevelopment Goals (SDGs)

PIAUD UNPAB dukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam langkah-langkah strategis dalam akselerasi transformasi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) guna mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia. Transformasi ini difokuskan untuk mempersiapkan anak-anak dalam transisi yang lancar dari PIAUD ke Sekolah Dasar (SD), memperkuat dasar pendidikan yang lebih inklusif, merata, dan berkualitas tutur Rahayu Dwi Utamai Selaku Ka.Prodi PIAUD UNPAB

Dalam kegiatan Diskusi ilmiah ini turut hadir Dekan Fakultas Agama Islam Humaniora  Dr. Abdi Syahrial Harahap, Lc.,M.A, Narasumber 1 Prof. Dr. Sofia Hartati, Narasumber 2 Asmidar Parapat, S.Pd.,M.Pd dilaksanakan di Ruang Al-huda Gedung UNPAB. (Medan/11/11/24).

Dalam upaya ini, pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan serta program untuk memastikan bahwa pendidikan pada usia dini mampu membangun fondasi yang kuat bagi anak-anak. PIAUD yang berfokus pada pembelajaran melalui bermain, perkembangan sosial-emosional, dan kesiapan akademis merupakan langkah awal yang krusial dalam mencetak generasi yang siap menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya di SD.

Prof. Dr. Sofia Hartati, menegaskan bahwa transisi yang efektif dari PIAUD ke SD sangat penting untuk meminimalisir ketimpangan dan mempercepat capaian target SDG’s, khususnya pada SDG 4, yaitu pendidikan berkualitas bagi semua. "Dengan adanya upaya akselerasi transformasi ini, kami berharap setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan berkualitas sejak usia dini, yang kemudian berlanjut dengan mulus ke jenjang pendidikan dasar," ujar beliau.

Program akselerasi ini meliputi beberapa inisiatif utama, antara lain:

1. Penguatan Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran PIAUD

Kurikulum PIAUD diselaraskan dengan standar pendidikan global agar anak-anak Indonesia dapat memiliki keterampilan dasar yang sesuai dengan kebutuhan abad ke-21. Pembelajaran berfokus pada aspek kognitif, motorik, bahasa, dan emosional untuk menciptakan pengalaman belajar yang komprehensif.

2. Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Guru PIAUD dan SD

Peningkatan kualitas guru melalui pelatihan intensif bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam mendukung transisi anak-anak dari PIAUD ke SD. Guru PIAUD dilatih untuk memahami pendekatan yang berpusat pada anak, sementara guru SD dibekali keterampilan dalam menyambut siswa dari lingkungan belajar PIAUD.

3. Penyediaan Sarana dan Prasarana yang Mendukung

Pemerintah akan mengalokasikan dana untuk memperbaiki dan memperluas fasilitas PIAUD, termasuk ruang kelas, alat permainan edukatif, serta teknologi pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengalaman belajar interaktif.

4. Keterlibatan Masyarakat dan Pemangku Kepentingan

Program ini juga melibatkan keluarga, masyarakat, dan sektor swasta untuk mendukung pendidikan anak usia dini. Masyarakat dihimbau untuk turut serta dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pendidikan anak sejak usia dini.

Dengan langkah-langkah ini, pemerintah berharap akselerasi transformasi PIAUD dapat menjadi bagian penting dalam strategi pendidikan nasional dan mendukung Indonesia dalam mencapai SDGs pada 2030.

Berita Lainnya