muzammil-hasballah-hadir-di-unpab-ajak-mahasiswa-untuk-tingkatkan-kreatifitas-dan-inovasi-dengan-spirit-alquran_88.jpg

Muzammil Hasballah Hadir Di UNPAB, Ajak Mahasiswa untuk Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi dengan Spirit Al-Quran

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI) Fakultas Agama Islam dan Humaniora (FAIHU) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan selenggarakan Talkshow Inspiratif oleh Muzammil Hasballah dan beberapa cabang lomba. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai 20 sd 22 Oktober 2022, di Mahabento UNPAB.

Hadir Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM.; Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAB, Cahyo Promono, SE., MM.; Rektor II Bidang Kerja Sama, Keuangan, dan Infrastruktur UNPAB, Hasrul Azwar Hasibuan, SE., MM.; Rektor III Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH.; Hafidz Quran dan Qori ternama, Muzammil Hasballah, Dekan Fakultas Agama Islam dan Humaniora UNPAB, Dr. Fuji Rahmadi P, S.HI., MA., CIQaR, CIQnR.; Kepala Prodi Pendidikan Agama Islam, Bahtiar Siregar, S. Pd.I., M. Pd.; Ketua HIMAPAI UNPAB, Iswanto Ariga beserta panitia kegiatan, dan peserta lomba dari tiga cabang lomba serta tamu undangan lainnya.

Lomba MTQ tahun ini dibagi menjadi 3 jenis cabang lomba seperti lomba Musabaqah Tilawatil Quran yang diikuti sebanyak 23 peserta, Tahfidz Quran yang diikuti sebanyak 11 peserta, dan Debat Kandungan Ilmiah Quran diikuti sebanyak 5 kelompok yang terdiri dari 3 orang per kelompok. Peserta dari masing cabang lomba berasal dari mahasiswa/i UNPAB.

Kegiatan ini mengangkat tema "Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Mahasiswa Dengan Spirit Al-quran". Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE., MM dalam sambutan menyampaikan, "saya ucapkan selamat datang kepada Muzammil Hasballah di UNPAB. Salam bangga aaya kepada anak-anak kami dari Fakultas Agama Islam dan Humaniora UNPAB. Berbicara akademik tidak hanya ilmu pengetahuan (sains) tetapi juga berbicara tentang hal - hal bersifat humaniora, religion atau agama. Hari ini, dunia sedang dalam keadaan yang memprihatinkan, diperkirakan pada tahun 2023-2024 ada 61 negara diprediksi akan gelap gulita, 14 negara sudah masuk ke ICU, 28 negara sudah masuk ke UGD, lalu bagaimana dunia pendidikan menyikapinya hal tersebut? Artinya, proses akademik , proses pendidikan tidak boleh biasa-biasa saja. Oleh karena itu, UNPAB memiliki visi yang disingkat TRIK yaitu Terkemuka dan Karakter religius dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat."

"Langkah - langkah apa yang harus dilakukan, kita bukan lagi ada di posisi berkembang, melainkan ada di posisi bertahan. Kekuatan spiritual itu menjadi kekuatan yang utama dan sebenarnya kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan wajib UNPAB. Kita adalah masyarakat yang kental dengan nilai - nilai agama, ketidaktahuan manusia pada masa yang akan datang dapat terjawab dengan menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA, "ucap Rektor UNPAB.

Hari pertama dan kedua berlangsung kegiatan perlombaan dan hari terakhir merupakan puncak acara dengan sajian Talkshow Inspiratif dari Muzammil Hasballah sekaligus pengumuman pemenang perlombaan.

Dalam kegiatan Talkshow Inspiratif Muzammil Hasballah menyampaikan, "jika kita ingin menjadi penghafal Al-quran harus meluruskan niat Lillahi ta'ala karena Ridho Allah SWT yang ingin kita dapatkan dan harus beristiqomah, maksud beristiqomah di sini adalah menjalankan perintah Allah SWT sesuai yang diperintahkanNYA melalui lisan RasulNYA dalam keadaan ikhlas."

"Kata ulama, ada dua syarat diterimanya amal kita yaitu ikhlas dan ittiba.. Ikhlas karena kita hanya mengharapkan Ridho Allah SWT, ada dalil - dalil Allah SWT, ada contoh dari Rasulullah SAW dan ittiba itu ada ilmunya, bukan sekedar meniru atau ikut - ikutan. Menghafal Al-Quran itu ibadahnya luar biasa, ulama juga menyampaikan bahwa menghafal Al-Quran bukan sebuah tujuan melainkan wasilah untuk mengikat makna - makna Al-Quran, maka sebenarnya Ahlul Quran adalah orang - orang yang mengamalkan Al-Quran. Saya berharap Al-Quran benar - benar menjadi petunjuk dalam kehidupan kita termasuk dunia akademisi," Lanjut Muzammil Hasballah.

Kegiatan ini berlangsung sangat kondusif dan lancar hingga penghujung acara, kegiatan ini 285 kali ditonton di Channel Youtube UNPAB TV dan disaksikan langsung kurang lebih 100 mahasiswa/i UNPAB.

Berita Lainnya