72J.f (24)_800x533.jpg

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Drs H Muhaimin Iskandar MSi mencanangkan Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) dan Job Fair 2

Medan, Hadir dalam acara yang dirangkai penyerahan bantuan bursa kerja, bantuan bina lingkungan, penyematan magang keluar negeri, penyerahan klaim asuransi dan aneka kegiatan lain yakni Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST, Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM, Rektor Unpab HM Isa Indrawan, Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM, dosen dan mahasiswa Unpab dan undangan lain.

Menteri menilai keberadaan gerakan penanggulangan pengangguran ini menunjukan komitmen mendorong sarjana lulusan perguruan tinggi siap kerja dan mencari solusi mengatasi tingkat pengangguran mencapai 7,7 juta jiwa secara sistematis sehingga mampu memiliki daya saing.

Pada kesempatan tersebut Walikota Medan Drs. H. Rahudman Harahap, MM  juga Melantik Satgas Penanggulangan Pengangguran Universitas Pembangunan Panca Budi untuk Kota Medan.

Ia berharap semua pihak mampu mensinergikan semua potensi dalam menghasilkan lulusan perguruan tinggi. ‘’Juga menumbuhkan dan memfasilitasi bursa kerja yang transparan dan memiliki nilai timbal balik antara dunia usaha dan pencari kerja,’’ katanya.

Muhaimin juga memberi dukungan pengembangan wirausaha dengan mendayagunakan sumber daya yang ada. Ia prihatin apabila sarjana menganggur sehingga perlu dilakukan dua strategi pokok yakni mahasiswa dibekali perencanaan kerja yang matang.

‘’Sambil menuju sasaran pekerjaan yang tepat, semua sarjana diberi kesempatan memanfaatkan ilmunya dalam dunia pemagangan,’’ kata menteri sembari berpesan agar mahasiswa terus melatih kreativitas dan produktivitas sebagai suatu kegiatan terus menerus dan memberi fasilitasi.
Rektor Unpab Muhammad Isa Indrawan, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengatasi pengangguran dengan bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dan industri termasuk dengan membuka kesempatan magang dengan kegiatan bursa kerja dan GPP tersebut.

Dalam kunjungan di Unpab, menteri menerima ulos dari Wali Kota Medan dan Rektor Unpab. Menteri juga menerima plakat dari Plt Gubsu. Usai memukul gong pembukaan, menteri meninjau lokasi bursa kerja dan bersilaturahmi dengan civitas akademika UNPAB.

Berita Lainnya