mahasiswa-pertanian-unpab-melakukan-kunjungan-lapangan-ke-bmkg-stasiun-klimatologi-kelas-i-sampali-medan_73.jpg

Mahasiswa Pertanian Unpab Melakukan Kunjungan Lapangan Ke BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sampali Medan

Kunjungan Lapangan dalam rangka implementasi Practical Science yang diterapkan oleh Fakultas Pertanian merupakan program kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fakultas Pertanian UNPAB, dengan melaksanakan kunjungan ke berbagai instansi dan perusahaan guna mendukung penerapan ilmu yang telah diberikan para staf pengajar.

Pada kesempatan ini mahasiswa/i Fakultas Pertanian UNPAB melaksanakan kegiatan Kunjungan Lapangan di Stasiun Klimatologi Kelas I Sampali Medan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang di ikuti oleh 150 orang mahasiswa/i yang mengambil matakuliah Agroklimatologi untuk program Studi Agroekoteknologi Sedangkan untuk Program Studi Peternakan Matakuliahnya adalah Klimatologi dan Lingkungan Ternak. Kegiatan Kunjungan pada saat ini sedikit berbeda pada kunjungan sebelumnya. Dimana Pembekalan teori para peserta dilaksanakan di Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi Medan yang dilaksanakn oleh Staf BMKG yaitu Bapak Ayi Dudrajat, SP, MSi selaku Kepala Seksi Observasi. Dengan tidak meluangkan waktu para peserta langsung diarahkan ke lapangan guna melihat dan mempraktekkan langsung tentang alat-alat yang digunakan untuk mengobserpasi keadaan iklim dan prakiraan cuaca di wilayah Sampali, pengenalan alat-alat tersebut di pandu oleh team obsipator diantaranta adalah Edi Sarwanto Ponco, S.T, Budi Arianto dan Aida Tambunan, S.Si. Stap Obsipator tersebut memandu dan memperkenalkan berbagai jenis alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan, intensitas cahaya matahari, panjang hari, suhu tanah, kecepatan angin, kelembaban udara dan lain sebagainya dimana semua alat-alat tersebut sangat berguna untuk menentukan keadaan iklim di wilayah sumatera utara.

Kegiatan ini sangat didukung oleh BMKG dalam rangka menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan khususnya Universitas guna melaksanakan tugas pokok dan fungsi dari Badan Meteorologi dan Geofisika untuk menyampaikan informasi-informasi keadaan iklim pada saat ini dan perkiraan kedepannya terutama yang berkaitan dengan bidang pertanian dan peternakan, BMKG juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa/i Fakultas Pertanian UNPAB untuk melaksanakan penelitian di kebun percobaan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Sampali Medan.

Pentingnya pengetahuan tentang iklim bagi mahasiswa atau masyarakat khususnya petani, karena dengan mengetahui keadaan iklim atau perkiraan iklim pada bulan atau tahun berikutnya kita dapat menentukan pola tanam yang akan kita laksanakan. Pada bulan-bulan tertentu intensitas curah hujan sangat tinggi maka kita akan mengatur rotasi pemupukan atau masa tanam apabila kita tidak mengetahui kondisi tersebut maka kita akan melakukan pekerjaan yang sia-sia karena pupuk yang kita aplikasikan ke tanaman akan habis terbawa oleh air dan masih banyak lagi pengaruh keadaan iklim terhadap dunia pertanian maupun peternakan. Penyesuaian pola tanam berdasarkan keadaan iklim akan berdampak sangat positif terhadap produksi tanaman. Sehingga masyarakat mampu meningkatkan produksinya dan masyarakat tidak lagi kekurangan kosumsi bahan pangan.

Begitu juga dengan bidang peternakan keadaan iklim juga sangat mempengaruhi terhadap kondisi kesehatan tubuh ternak dan ketersediaan bahan pakan ternak seperti hijauan.

Fakultas Pertanian UNPAB terus Berusaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa melalui bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta dan mengundang sebagai dosen tamu atau staf pengajar Praktisi sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. (by_@r7)

Berita Lainnya