jalin-silaturahmi-dengan-negara-di-kawasan-asia-selatan-unpab-hadiri-hut-kemerdekaan-india-ke76-tahun_36.jpg

JALIN SILATURAHMI DENGAN NEGARA DI KAWASAN ASIA SELATAN, UNPAB HADIRI HUT KEMERDEKAAN INDIA KE-76 TAHUN

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya dan etnis di Sumatera Utara, Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan hadiri kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan India ke-76, di Chancery Garden. Jalan Uskup Agung, Medan, Sumatera Utara. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, SE.,MM.; Pembina Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Hj. Sri Hayati.; Sekretaris Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, Hj. Irma Fatmawati, SH.,M.Hum.; Rektor III Bidang Tata Kelola, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH.,MH., Ketua Alkah Baitul Jafar, H. Ahmad Baqi Arifin, SH.,MBA.,MM.; Consulat General India di Medan, Shri Shubham Singh.; Consulat General of Malaysia, H.E. Aiyub Bin Omar.; Consulat General of United State of America, H.E. Gordon S. Church.; Consulat General of Singapore, H.E. Edmund Chia.; Consulat General of Germany, Mr. Daniel Adhiyajsa.; Consulat General of Timor Leste, Mr. Irwansyah.; Ketia Yayasan Universitas Sari Mutiara, Parlindunga Purba.; 

Telah berabad-abad masyarakat Sumatera Utara hidup rukun dalam suasana multikulturalisme, multietnis, dan multi agama. Sumatera Utara menjadi contoh kongkrit bahwa Bhinneka Tunggal Ika telah mendarah daging dalam hidup dan keseharian masyarakatnya.

Komunitas masyarakat India di Sumatera Utara banyak tinggal di kota Medan, Binjai, Sibolga, Tanjung Balai, Pematang Siantar, dan Tebing Tinggi. Bahkan nama kota “Medan” sendiri berasal dari bahasa Tamil “Maidhan” atau “Maidhanam”, yang memiliki arti lapangan atau tempat yang luas, dan kemudian teradopsi ke bahasa Melayu.

Sebagai kampus yang menjunjung nilai-nilai tamadun mandiri, yaitu mengedepankan semangat membangun peradaban dengan spirit kebudayaan dan kearifan lokal dengan berbasis spiritual, UNPAB senantiasa menghadiri kegiatan bernuansa kebudayaan dan kearifan lokal dan mengapresiasi nilai-nilai dan simbol budaya dalam berbagai aktivitasnya, seperti halnya dalam menghadiri kegiatan HUT Kemerdekaan India Ke-76 Tahun.

Dengan mengetahui budaya dunia slaah satunya di Kawasan Asia Selatan ini akan menjadi wadah pembelajaran bagaimana civitas akademik UNPAB terbiasa berpikir global dan bertindak secara lokal. Peristiwa ini menjadi sejarah bahwa telah terjalin hubungan baik UNPAB dan India.

Dalam rangkaian acara HUT Kemerdekaan India  Ke-76 Tahun, Kumpulan Anak Seni dan Teater (KUAST) UNPAB menampilkan persembahan tarian dan musik nusantara yang dipadukan dengan musik India. Salah satu tarian tersebut yaitu Tari Medley. 

Selamat memperingati HUT Kemerdekaa India Ke-76 Tahun, semoga Indonesia dan India semakin kekal, makmur, aman, dan maju dalam berbagai hal, salah satunya kualitas sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi yang lebih sejahtera. Semoga India selalu menempah kejayaan-kejayaannya untuk masa yang akan datang.

Berita Lainnya