hbd-ke15--pelatihan-pengisian-sister-dan-simpegkeu-unpab-_44.jpg

HBD Ke-15 : PELATIHAN PENGISIAN SISTER DAN SIMPEGKEU UNPAB

Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan selenggarakan Hari Belajar Dosen (HBD) Ke-15 melalui pelatihan pengisian Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER)  dan SIMPEGKEU. Kegiatan dilaksanakan di Gedung D Perpustakaan UNPAB, Senin / 31 Oktober 2022.


Hadir Rektor Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH.; Kepala BSDM, Dewi Nurmasari Pane, SE., MM beserta jajaranya.; Kepala UPTP UNPAB sekaligus narasumber kegiatan, Nur Asmaq, S.Pt., M.Si.; dan para dosen di lingkungan UNPAB sebanyak 50 dosen.

Rektor Bidang Tata Kelola UNPAB, Dr. Yasmirah Mandasari Saragih, SH., MH mengucapkan, "terima kasih kepada para dosen yang telah bersedia hadir mengikuti kegiatan ini. Kita berharap para peserta dapat menjalankan tugas Tridarma di Perguruan Tinggi masing-masing dengan baik dan lancar yang mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) ini adalah aplikasi kementerian yang wajib kita ikuti dan jalankan agar pendataan Tri Darma dapat berjalan dengan lancar.

"SISTER adalah salah satu program Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Setiap dosen memiliki berbagai aktivitas kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer atau hilang dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan." Lanjutnya


Nur Asmaq, S.Pt., M.Si menjelaskan, "melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas Tri Darma Perguruan Tinggi yang pernah dilakukannya. Melalui surat edaran sosialisasi penggunaan SISTER bagi perguruan tinggi dan himbauan dari Kemenristekdikti melalui LLDIKTI Wilayah I Sumut."

"Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER. Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian perguruan tinggi, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan Kopertis, dan Kemenristekdikti. Setelah divalidasi, data-data di dalam SISTER memutakhirkan database PD-Dikti", lanjutnya.


"SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas Tri Darma Perguruan Tinggi dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER," Ucap Nur Asmaq

"Jika dalam pengisian data ada yang ingin diubah, jangan lupa untuk klik pengajuan ulang agar data tidak tertinggal di draf. SISTER wajib diisi oleh seluruh dosen UNPAB dan untuk SIMPEGKEU hanya diisi oleh dosen - dosen yang sudah sertifikasi dosen." Ucap Nur Asmaq

Dalam penutupnya, bagi bapak/ibu dosen yang memiliki kendala dalam melakukan pengisian SISTER dan SIMPEGKEU bisa berdiskusi atau menghubungi kami di Kantor BSDM UNPAB.

Berita Lainnya