buka-pameran-di-wisuda-unpab-ke-54-di-selecta-medan_30.jpg

BUKA PAMERAN DI WISUDA UNPAB KE 54 DI SELECTA MEDAN

Medan, 31 Maret 2015; UKM Center (UKMC) UNPAB Medan buka stand di acara Wisuda ke 54 UNPAB di Gedung Selecta Medan. Pameran ini merupakan agenda rutin UKMC UNPAB disetiap acara wisuda UNPAB yang dilaksanakan dua kali dalam setahun. Sekali ini UKMC UNPAB menggelar pameran dengan tema "World Class University" sebagaimana bagian dari program kerja UNPAB.

Dalam pidato Rektor UNPAB, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, MM., mengatakan bahwa UNPAB mewariskan dan mewarnai dunia pendidikan di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, dengan apa yang telah dilakukan pendiri UNPAB, yaitu Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, M.Sc. UNPAB sudah berdiri 54 tahun lalu, yang membuat UNPAB merupakan salah satu Universitas tertua di Sumatera Utara. Dan ditambahkan beliau, bahwa sejak tahun 1997 UNPAB membenahi diri secara profesional, dan memperlakukan 6 tahapan perubahan, seperti: (1) membenahi struktur organisasi yang telah dilaksankan, (2) melakuka Evaluasi diri, yang sudah dilaksakan, (3) membuat Rencana Program Kerja Jangka Pendek, Menenga dan Panjang, ini juga telah dilaksanakan, (4) melakukan terobosan dengan menjadikan UNPAb merupakan bagian dari World Class Unversity, yang saat ini sedang dalam pelaksanannya.

Saat ini seluruh program studi UNPAb adalah ber "akreditasi B"  sedangkan insitusi baru sajja terlaksanaka visitasi oleh assesor BAN Dikti, Insya Allah akan menghasilkan penilaian yang positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UNPAB dan pendidikan di Sumatera Utara kedepannya. Selanjutanya beliau juga mengatakan; program kerja UNPAB sekarang mengarah kepada tantangan kedepannya, seperti MEA, program kerja yang dibuat adalah bagaimana UNPAB menghadapi persaingan dengan Unversitas luar negeri yang akan masuk ke Sumatera Utara nantinya. Rektor mengatakan bahwa tahun 2030 UNPAB jelas akan menjadi World Class University, saat ini UNPAB telah mampu menjalin kerjasama dan berbicara di tingkat Internasional, seperti halnya UNPAB masuk dalam kegiatan forum Universitas Asia Tenggara (AFTA), melakukan MoU dan MoA dengan Universitas di Amerika Serikat, China, Korea Selatan, Thailand, India, dan Malaysia. Rektor UNPAB, Dr. Muhammad Isa Indrawan menambahkan bahwa UNPAB Konsisten menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Demikian Rektor UNPAB menutup pidota di hadapan Wisudawan UNPAB Medan.

Menanggapi pernyataan Rektor, dan seluruh civitas Akademika UNPAB bergegas membenahi diri dan kualitas diri dalam menghadapi tantangan kedepan ini. Dan UKMC UNPAB juga kini menempati diri sebagai wadah alternatif edukatif, informasi, komunikasi, inkubator bisnis, dan workshop inovatif bisnis mahasiswa. Menjadi Katalisator Bisnis bagi mahasiswa, mendorong mahasiswa untuk menjadi sarjana yang berwirausaha, yang kelak nantinya memberikan pendapatan bagi diri sendiri dan pekerja di usaha tersebut maupun masyarakat lainnya. Bisns dibangun merupakan bisnis inovatif maupun bisnis pengembangan yang sudah ada dikemas dengan baik sehingga mampu berkembang dan mengikuti tren bisnis saat ini dan kedepanya. Demkian yang dikatakan Efrizal Adil, SE., MA., Direktur UKMC UNPAB Medan dan di dampingi oleh Wakil Direktur UKMC UNPAB, Hanifah Mutia ZA, S.Si., M.Si., dan Ahmad Damrian, S.Fil., serta Djikir Pohan, SH disela-sela pameran UKMC UNPAB.

Muhammad Faridth Aditya Tumbeleka, dan Dicky Ramadhansyah Utama, merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan mahasiswa Fakultas Pertanian UNPAB menyatakan bahwa UKMC UNPAB telah memberikan kepada kami pemahaman dan pengetahuan wiausaha, bahkan UKMC UNPAB telah merencanakan studi banding kebeberapa negara tetangga, seperti Thailand dan China, kemungkinan besar selepas UTS atau dibulan Mei 2015 ini kami berkunjung ke China terlebih dahulu untuk melihat perkembangan UMKM disana dan selepas dari kunjungan kami akan mempresentasikan hasl temuan kami, baik burapa produksinya, pemasaran, sumberdaya manusia, regulasi-nya, dan lainnya yang bisa dipelajari dan menjadi penambah pengetahuan kami, demikian yang dkatakan Adit dan Tama.

Produk yang dipamerkan oleh UKMC UNPAB dalam Wisuda kali ini berupa handycraf, Assesories, konveksi, furniture, dan jasa Photography. Tidak ketinggala juga stand pameran dari Fakultas Hukum, Fakulas Teknik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan Fakultas Filasafat ikut serta dalam pameran ini, kata Hanifah selaku Wakil Direktur UKMC UNPAB.

Berita Lainnya