komitmen-civitas-akademik-dan-pemimpin-berpengaruh-besar-terhadap-peningkatan-akreditasi-perguruan-tinggi_98.jpg

Komitmen Civitas Akademik dan Pemimpin Berpengaruh Besar Terhadap Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi

Medan-UNPAB: Arfan, Skom dan Bapak Tarmizi pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, hadir dalam kegiatan Workshop Peningkatan Perguruan Tinggi Berakreditasi B menjadi A Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( RISTEKDIKTI) di Yogyakarta pada tanggal 5- 6 Desember 2015.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh 55 Peruruan Tinggi baik di pulau jawa dan luar pulau Jawa, kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian dan kepedulian dari Kementerian Riset, Teknologi dan Penddikan Tinggi terhadap pertumbuhan dan perkembangan Perguruan Tinggi. Dalam workshop tersebut Kemenristek menyampaikan berbagai tips dan trik kepada Perguruan Tinggi untuk peningkatan akreditasi secara cepat.

Dari  data Akreditasi Perguruan Tinggi per Desember 2014, untuk PT Wilayah Jawa ada 19 PT terakreditasi A, 44 PT tTerakreditasi B, 30 Terakreditasi C, 93 PT Terakreditasi, 1.975 PT belum Terakreditasi. Sementara untuk Wilayah luar Jawa ada 2 PT Terakreditasi A, 25 PT Terakreditasi B dan UNPAB merupakan salah satu PT yang telah meraih akreditasi B sejak tahun 2015, 44 PT Terakreditasi C, 71 PT Terakreditasi dan 2.135 PT belum Terakreditasi. dari data tersebut maka Kemenristek memiliki target pada tahun 2016 akan ada sekitar 164 PT yang meraih akreditasi “A”, hal ini  untuk menuju WCU (world class university).

Arfan mengatakan bahwa pentingnya akreditasi itu bukan hanya sekedar simbol namun untuk menunjukan mutu dari Universitas Pembangunan Panca Budi, dan harapannya Unpab lima tahun kedepan pada tahun 2018 sesuai dengan Renstra dan program kerja dapat meraih akreditasi A. Hal ini tentunya dapat tercapai dengan komitmen dan keseriusan dari civitas dan juga pemimpin yang ada di Unpab.(Hms)

 

Berita Lainnya