dr-sarim-menjadi-pemakalah-dalam-seminar-nasional_53.jpg

DR. SARIM MENJADI PEMAKALAH DALAM SEMINAR NASIONAL

Medan-Unpab: Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan mengutus Dosen Fakultas Pertanian (Unpab) Dr. Sarim, S.PT.,M.P. Untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional yang diadakan oleh Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta pada Sabtu (6/12) yang dihadiri oleh seluruh PTN dan PTS Nasional. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Hardjono Danoesastro dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian  UGM Dr. Jamhari, SP.,MP.

Salah satu pemakalah berasal dari Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan Dr. Sarim, S.PT.,M.P. Seminar yang bertemakan Kedaulatan Pangan dan Pertanian membahas tiga aspek pokok yang pertama Kelembagaan  dan permodalan di Bidang Pangan, Inovasi dan Teknologi Pangan yang ketiga Daya Saing dan Pemasaran Komuditas Pertanian.

Dosen tetap Fakultas pertanian Panca Budi tersebut membawakan judul Daya Saing dan Kontribusi Usaha ternak Domba di Sumatera Utara. Judul ini lolos setelah melalui evaluasi dari ratusan judul yang masuk di meja panitia. Pak Sarim membahas keunggulan komparatif dengan analisis DRCR yang menunjukan Sumatera Utara memiliki daya saing dengan hasil 0,45 atau DRCR < 1. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha ternak domba yang dipelihara diperkebunan sawit  Sumatera Utara memiliki ketersediaan pakan yang cukup, sehingga dengan kata lain penggunaan sumberdaya domestik cukup memenuhi ketersediaan akan daging  domba dan menghindari import.

Sebelum keberangkatan ke Yogyakarta, dosen yang September lalu menjadi salah satu dosen berprestasi di Tingkat Kopertis WIL I Sumatera Utara  tersebut mendapat wejangan dari Pembantu Rektor I M.Donni Lesmana S.Kom untuk membawa nama baik Universitas Pembangunan Panca Budi,  kegiatan ini juga menurut Pak Donni bisa memberikan motivasi kepada dosen lain untuk bisa berbicara dan membawa makalah  mewakili UNPAB di tingkat Nasioanal. (Ain)

Berita Lainnya