251.JPG

DAUR ULANG KERTAS DALAM RANGKA PENCIPTAAN PRODUK EKONOMIS BERBASIS SAMPAH

Lingkungan yang asri dan sehat adalah idaman setiap orang, Tidak satupun diantara kita rela hidup ditempat yang kotor dan tercemar. Gaya hidup yang tidak bersahabat dengan lingkungan, seperti membuang sampah tidak pada tempatnya dapat menimbulkan pencemaran, akibatnya berpengaruh buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Sampah merupakan masalah yang tak akan ada habisnya, karena selama kehidupan ini masih ada. Maka sampah pasti akan selalu diproduksi. Produksi sampah sebanding dengan bertambahnya jumlah penduduk. Semakin bertambah banyak jumlah penduduk, semakin meningkatlah produksi sampah.

Ada berbagai macam jenis sampah yang antaranya berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah padat dan cair ini apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan dimasa sekarang ataupun dimasa yang akan datang. Padahal sampah masih bisa memberikan nilai ekonomis apabila dikelola dengan baik. Misalnya membuat produk yang berbahan dasar dari sampah seperti daur ulang kertas. Karena dalam konsep manajemen sampah modern dan hirarki sampah adalah 3R (Re-use, Reduce, and Recycle), dengan dapat dimanfaatkannya sampah yang dapat memberikan nilai ekonomis akan memberikan prilaku sadar sampah bagi setiap individu masyarakat.

Daur ulang merupakan salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai. Daur ulang kertas selain sangat mudah juga sebagai penghematan terhadap kayu yang makin hari makin sedikit. kertas bekas yang akan didaur ulang dapat digunakan kembali dengan mencampurkan yang telah dijadikan pulp dengan material kertas baru. Dengan pengembangan–pengembangan akan menjadikan produk yang dapat digunakan kembali.

LPPM UNPAB merupakan Lembaga penelitian yang berada dibawah naungan Yayasan Prof. DR. H. Khadirun Yahya merasa perlu diadakannya sosialisasi dan pelatihan kepada warga masyarakat yang berada dikota Medan, khususnya di Kecamatan Medan Belawan Kelurahan Belawan II lingkungan II. Pelaksanaan kegiatan keterampilan daur ulang kertas ini dilakukan selama 48 hari kegiatan dari tanggal 7 Nopember 2011 sampai dengan 24 Desember 2011.

Berita Lainnya