lomba-masak-unpab_86.jpg

"Chicken Anyang" Sabet Juara I Lomba Masak UNPAB

Chicken Anyang, resep hasil pengembangan menu khas Tapanuli Selatan, menghantar Biro Kemahasiswaan sebagai Juara I dalam Ajang “Mabar” (Masak Bareng) yang melibatkan 15 unit pelayanan di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), baru-baru ini.

Mabar merupakan kegiatan yang diinisiasi dan bahkan langsung dikoordinir Rektor UNPAB Dr. H. M. Isa Indrawan, SE., MM. Kegiatan ini terbukti mampu memperkokoh team work building antar-civitas akademika dan para staf di UNPAB. Kali ini, kegiatan tersebut mengusung tema “Masakan Tradisional Non-Penyedap”.

“Non-penyedap berarti seluruh peserta hanya boleh menggunakan garam, gula dan rempah-rempah  alami sebagai penyedap masakan mereka. Tidak boleh ada penyedap instan,” ujar Rektor UNPAB di sela kegiatan yang berlangsung di Lapangan Badminton Kampus UNPAB, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Medan.

Tim dari Biro Kemahasiswaan yang menjadi jawara pada ajang ini disiapkan dan diasuh oleh Rektor III (Bidang Kemahasiswaan), Hasrul Azwar Hasibuan. Menyisihkan 14 tim lainnya, mereka mengusung Chicken Anyang, perpaduan “Anyang” (olahan sayur-mayur sejenis urap yang didominasi daun pakis) dengan daging ayam. Resep ini diadopsi dari masakan khas Tapanuli Selatan yang selanjutnya dimodifikasi oleh Tim Biro Kemahasiswaan.

Suasana gaduh yang ditimbulkan masing-msing tim saat lomba masak berlangsung, menimbulkan antusiasme dari kalangan mahasiswa maupun warga sekitar kampus. Bergaya bak chef professional, masing-masing tim berupaya memanfaatkan waktu 2 jam yang diberikan panitia untuk menghasilkan menu andalan menggugah selera.

Masing-masing tim tidak hanya beranggotakan kaum hawa, melainkan juga melibatkan kaum adam. Hasil olahan mereka kemudian diuji cita rasanya oleh dewan juri, yakni Rektor UNPAB M. Isa Indrawan, Kiki yang mewakili Yayasan UNPAB, Eny dari Unit Produksi Perguruan, serta Khalik dari BPH Yayasan. (indra gunawan)

Berita Lainnya