bebaskan-air-tanah-dari-pencemaran-melalui-program-penyedotan-terjadwal-di-tebing-tinggi_76.jpg

BEBASKAN AIR TANAH DARI PENCEMARAN MELALUI PROGRAM PENYEDOTAN TERJADWAL DI TEBING TINGGI

Medan, 5 Desember 2014. Workshop Promosi Pengelolaan Sedot Terjadwal di Kota Tebing Tinggi di Aula Kantor Bappeda Kota Tebing Tinggi. Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Pemko Tebing Tinggi. Hadir dalam acara tersebut SKPD lainnya, seperti Dinas Kesehatan, PDAM, Dinas Kebersihan, dan Dinas Pekerjaan Umum. Dalam sambutan Kepala Bappeda menyatakan program yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi dengan dukungan IUWASH-USAID ini merupakan tindak lanjut dari penerbitan Perwal UPTD-Pengelolaan Air Limbah dan Perwal Air Limbah Kota Tebing Tinggi, bagi kami di kota Tebing Tinggi tidak begitu asing dengan kehadiran Fakultas Ekonomi UNPAB ini, karena Fakultas Ekonomi UNPAB telah mendorong dan membantu kami dalam pembuatan Perwal, sekaligus mendorong masyarakat menjadi pelanggan sedot terjadwal ini, nanti selepas acara ini kita langsung melakukan ujicoba penyedotan dari salah satu pelanggan UPTD-PAL yang peraturannya baru diterbikan ini. Demikian yang dikatakan kepala Bappeda Pemko Tebing Tinggi.

Seiring dengan itu pada sesi tanya jawab, terlihat antusias masyarakat terhadap program penyedotan terjadwal ini. Salah satunya Djafar penduduk Perumahan BP7 Tebing Tinggi menyatakan kesediaanya menjadi pelanggan sedot terjadwal, dan menyatakan bahwa untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan perumahan kami, kenapa tidak kami dukung? Tentu saja kami mendukung program ini. Senada dengan itu pula Ibu Simarmata mengatakan, sudah tahu kami bagiamana septic tank yang baik itu, sehingga tidak mencemari air dibawah tanah yang nantinya juga mempengaruhi kesehatan kami. Saya akan merenovasi bak penampung air limbah kami nantinya.

Rahmat Hidayat, SE., MM., selaku Ketua Tim Fakultas Ekonomi dan IUWASH-USAID mengatakan merasa puas dengan apa yang telah dilakukan selama enam bulan ini, dan menghasilkan sebuah Perwal dan diperolehnya pelanggan tetap Penyedotan terjadwal yang kelak akan dilaksanakan UPTD-PAL yang baru diterbitkan. Tim Fakultas Ekonomi (PSP FE-UNPAB) ini terdiri dari : Rahmat Hidayat, SE., MM., Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, MM., Prof. Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si., Drs. H. Ali Syafril, SH., MH., MAP., Dr. H. Kasim Siyo, M.Si., Efrizal Adil Lubis, SE., MA., Rusiadi, SE., M.Si., Yan Budi Eko, ST., M.Si.,  dan Drs. Anwar Sanusi, M.Si. Kegiatan ini didukung oleh IUWASH-USAID sebuah lembaga donor Internasional yang berasal dari Amerika Serikat.

Berita Lainnya